Hubungan Diana dengan keluarga Kerajaan Inggris ternyata tetap berlangsung, bahkan pada 24 Februari 1981 dia secara resmi bertunangan dengan Charles, Pangeran Wales. Beberapa bulan kemudian, pada 29 Juli 1981 Diana menikah dengan ahli waris takhta Kerajaan inggris itu di Katedral St. Paul di London. Pernikahan yang sering dilukiskan sebagai “pernikahan dongeng”, karena demikian megah ini, disaksikan oleh jutaan orang, baik secara langsung maupun melalui tayangan pelbagai kanal televise. Sekitar setahun setelah perniikahan itu, Diana pun melahirkan putra pertamanya, yaitu Pangeran William Arthur Philip Louis, pada 12 Juni 1982. Dua tahun kemudian, pada 15 Desember 1984, Pangeran Henry Charles Albert David, sang putra kedua, lahir pula.
Diana bersekolah di Riddlesworth Hall di Norfolk, kemudian West Heath School di Kent. Setelah menempuh pendidikan akhir di Swiss, dia tinggal bersama tiga orang teman wanita sembari bekerja sebagai guru taman kanak-kanak.
Putri Diana lahir di sebuah rumah sewaan pada tanah kerajaan di Sandringham Ayahnya, Edward Spencer, adalah seorang bangsawan Inggris dari Althrop dan ibunya adalah putrid dari Baron Fermoy keempat. Ketika masih anak-anak, Diana adalah teman sepermainan Pangeran Edward dan Pangeran Andrew keduanya anak Ratu Inggris Elizabeth II.
Kematian Diana telah memunculkan debat public mengenai peran monarki Inggris. Banyak orang merasa bahwa sentuhan “merakyat” Putri Diana berbeda jauh dengan pendekatan yang lebih formal dari keluarga Kerajaan Inggris yang lain. Kematian Diana pula yang memicu diskusi mengenai campur tangan pers dalam kehidupan orang-orang terkenal. Memang, ketika kecelakaan yang menewaskan Putri Diana terjadi, mobil yang dikendarainya sedang dikuntit oleh para paparazzi (wartawan foto).
Setelah pemakaman yang telah disaksikan oleh jutaan orang melalui siaran televisi, jasadnya disemayamkan di Althrop, tanah kelahiran keluarga Spencer. Sebagai respons terhadap kedukaa pubilk yang membanjir, Diana Memorial Fund didirikan untuk menjamin pendanaan bagi kegiatan amal yang telah dikerjakan Diana, termasuk Centrepoint, Leprosy Mission, National Aids Trust, English National Ballet, Great Ormond Street Hospital for Children, Royal Marsden Hospital, dan berbagai jenis organisasi yang tergabung dalam usaha pembersihan ranjau-darat.

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!